Wednesday, 10 February 2016

Investasi Tulang untuk Masa Depan Sehat

Osteoporosis is the disease of denial. 
-Sara Meeks, Kripalu Yoga Teacher-

Tidak ada orang, termasuk saya, yang berpikir akan memiliki osteoporosis. Tapi kenyataannya,  di usia tertentu, osteoporosis menjadi kondisi umum bagi hampir semua orang. Dengan atau tanpa kita sadari.

Saya kembali sadar tentang bahayanya osteoporosis ketika mengikuti acara Fun Yoga - Investment for Healthy Bone yang diadakan oleh The Urban Mama bersama Protecal. Di acara ini, saya tak hanya berlatih yoga bersama para urban mama yang smart dan sehat, tapi juga mendapat ilmu lebih dalam tentang osteoporosis.


pic credit: Zata Ligouw


Sebenarnya, apa sih osteoporosis itu??
Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun, sehingga tulang menjadi keropos dan rentan patah. 

Sekedar catatan, dalam massa tulang terdapat kalsium dan senyawa kolagen yang berfungsi ibarat semen bagi tulang. Kalau kalsium dalam tulang berkurang, massa tulang ikut berkurang, tulang pun menjadi tidak padat. Akibatnya tulang menjadi tidak kuat menahan beban berat. Benturan ringan sekalipun bisa menyebabkan patah tulang*.

Sebelum positif terkena osteoporosis, biasanya akan didahului dengan kondisi osteoponia. Yakni penurunan kualitas jaringan tulang. Osteoponia tidak memiliki gejala, namun dapat dideteksi dengan melakukan tes kepadatan mineral tulang atau Bone Mineral Density (BMD) Test. Kalau status tulang kita sudah di osteoponia, artinya kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Lalu, apa saja faktor risiko osteoporosis?? 
  • Kurang Beraktivitas. Jika sepanjang hari kita hanya sedikit bergerak, kita harus mulai waspada. Sebab, kebiasaan malas bergerak bisa menjadi pangkal osteoporosis.
  • Faktor Genetik. Tidak sedikit orang terlahir dengan bakat osteoporosis. Namun, bukan berarti  kualitas dan kepadatan tulang tidak dapat dipertahankan. 
  • Usia. Baik pria maupun wanita mencapai massa tulang maksimum sekitar usia 30. Setelah itu, kita hanya bisa menjaga apa yang telah kita miliki. Kabar buruknya, wanita rata-rata memiliki massa tulang lebih rendah daripada pria. Dan berisiko kehilangan hingga 20 persen dari massa tulang dalam lima sampai tujuh tahun setelah menopause.** Hiks..
  • Gaya Hidup. Alkohol, rokok, kafein dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh. Jadi, batasi atau jika bisa, hilangkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol, rokok dan kafein. 
Ternyata beberapa penyebab osteoporosis adalah hal-hal sepele dan yang sebenarnya dapat kita hindari. Karena itu mulai sekarang, ayo rajin berinvestasi untuk kesehatan tulang kita, agar terhindar dari osteoporosis. Apalagi sebagai wanita, kita lebih rentan terkena osteoporosis. Tapi tenang saja, kita bisa kok terhindar osteoporosis. 

Bagaimana cara mencegah osteoporosis?? 
  • Rajin mengkonsumsi Kalsium. Asupan kalsium yang cukup, sangat efektif mempertahankan kepadatan tulang. Beberapa makanan tinggi kalsium, di antaranya ikan laut, brokoli, bayam, kale, dan kacang-kacangan. 
  • Cukupi asupan Vitamin D. Membantu proses pemadatan tulang adalah fungsi khusus vitamin D. Maka cukupi asupannya dengan mengkonsumsi makanan seperti keju, ikan laut, telur, jamur putih dan bayam.
  • Menerima paparan Sinar Matahari pagi. Sinar matahari pagi, mampu mengubah cadangan kolesterol menjadi vitamin D.
  • Olahraga Teratur. Dengan olahraga teratur, metabolisme pembentukan tulang akan lebih berkualitas, massa tulang pun relatif lebih padat.

Nah, sudah paham kan, bahwa tulang adalah aset berharga yang kepadatan dan kualitasnya perlu kita jaga. Semakin bertambahnya usia, kita juga harus semakin perhatian terhadap kesehatan tubuh kita. Karena itu, investasi tak melulu hanya berupa uang. Investasi tulang juga penting.

Salah satu investasi yang cocok untuk tulang kita adalah dengan mengkonsumsi suplemen kalsium harian yang baik dan aman seperti Protecal.

Kenapa Protecal?? Karena Protecal memiliki kelebihan-kelebihan seperti:

  • Efektif dan Aman. Dengan bentuk sediaan tablet effervescent yang lebih mudah diserap tubuh, aman dikonsumsi 1 tablet sehari setelah makan bahkan oleh penderita maag, ibu hamil maupun ibu menyusui.
  • Sensasi segar yang sehatProtecal Solid hadir dalam rasa jeruk-rasberry yang menyegarkan namun bebas gula.
  • Mengandung formula solid pelindung tulang. Kandungannya bekerja sinergis untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Mengandung 250mg kalsium, 300IU vitamin D, 15mg vitamin B6 dan 1000mg vitamin C.
  • Kemasan praktis dan higienis. Protecal tersedia dalam kemasan tube dan strip yang praktis dan higienis.
  • Harga lebih ekonomis.
Protecal sendiri hadir dalam 3 varian yaitu Protecal Solid yang cocok untuk investasi pencegahan sebelum terjadi osteoporosis. Protecal Osteo yang khusus untuk investasi maksimal sebagai pencegahan terhadap osteoporosis. Serta Protecal Defense untuk investasi lebih pada peningkatan daya tahan tubuh sehari-hari.

Saya sendiri paling cocok mengkonsumsi Protecal Solid. Kalau kamu??


*http://health.kompas.com/read/2010/12/15/08523720/Bedanya.Pengapuran.dan.Osteoporosis
**http://www.yogajournal.com/article/health/good-bone/

1 comment:

  1. wah lengkap ulasannya, makasih ya mama indah ;)

    ReplyDelete