Tuesday, 16 February 2016

Gerakan Yoga untuk Tulang Kuat

Masa sih, gue bisa kena osteoporosis...?!
Ngga mungkin deh kayanya kalo gue osteoporosis, gue masih bisa gerak kok.
Ah, osteoporosis kan penyakit orang tua. Santai lah. Masih muda ini.

Dan sederet kalimat penyangkalan lainnya. Yup, osteoporosis memang penyakit penyangkalan. Tidak sedikit orang yang kelewat optimis, bahwa dirinya tidak mungkin akan menderita osteoporosis. Namun nyatanya, osteoporosis menjadi penyakit umum, di usia tertentu. 

Seperti telah saya tulis di sini, osteoporosis mulai membayangi manusia di atas usia 30 tahun. Karena, tulang mencapai kepadatan maksimal di usia 30 tahun. Dan selanjutnya, kita hanya bisa menjaga apa yang telah kita miliki. Terlebih lagi, wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis. Karena rata-rata, wanita memiliki massa tulang lebih rendah daripada pria dan berisiko kehilangan hingga 20 persen dari massa tulang dalam lima hingga tujuh tahun setelah menopause.  

Salah satu cara menjaga kepadatan tulang adalah dengan olahraga dan rajin bergerak. Nah, saya punya ENAM GERAKAN YOGA, yang cocok untuk menjaga kepadatan tulang. 


  • Virabhadrasana I (Warrior Pose I). Merentangkan otot paha serta memperkuat pinggul dan tulang belakang.
  • Utkatasana (Chair Pose). Memperkuat tulang dan otot pada kaki, pinggul, lengan, dan tulang belakang.

  • Trikonasana (Triangle Pose). Meregangkan seluruh tubuh dan memperkuat tubuh bagian bawah.
  • Utthita Parsvakonasana (Extended Side Angle Pose). Pose ini memberi efek peregangan bagi tubuh terutama tubuh bagian samping, memperkuat otot dan tulang paha.

  • Vrksasana (Tree Pose). Selatin melatih keseimbangan tubuh, pose ini juga sangat baik untuk memperkuat tulang dan otot kaki, serta meluruskan tulang belakang. 

  • Salabhasana (Locust Pose) Membantu mencegah kebungkukan, memperkuat seluruh tulang belakang, serta memperkuat otot punggung.

Cukup mudah kan gerakan-gerakannya. Mumpung masih muda, yuk jaga dan pelihara kepadatan dan kualitas tulang kita. Selamat berlatih.

No comments:

Post a Comment